Proses pendidikan dan pembelajaran perlu bersinergi dengan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. Optimalisasi pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah perlu dilakukan sehingga benar-benar pada pencapaian visi, misi, dan tujuan sekolah dan madrasah yang bersangkutan.
Buku ini membahas sepuluh bagian pokok. Pokok-pokok bahasan diramu dari berbagai sumber acuan dan diharapkan dapat membantu rekan-rekan guru dan pembimbing/konselor dan para mahasiswa dalam menelaah bimbingan dan konseling.
Buku panduan ini diharapkan dapat membantu tugas para pengawas sekolah dalam kegiatan bimbigan dan konseling di SLTP/SMU/SMK (atau SD/SDLB). Demikian juga bagi guru pembimbing (dan guru kelas) sebagai pelaksana kegiatan bimbingan dan konseling di SLTP/SMU/SMK (atau SD/SDLB), pemahaman tentang pokok-pokok pengawasan yang terdapat dalam buku ini akan lebih menjamin kelancaran dan keberhasilan keg…
Sebagai kelanjtan dari peraturan tersebut dikeluarkan petunjuk mengenai unsur angka kredit, diantaranya unsur proses bimbingan dan konseling memiliki nilai angka kredit cukup besar. Dengan tujuan meningkatkan prestasi kerja guru pembimbing, maka dalam buku ini pengarang mencoba membahas unsur proses bimbingan dan konseling yang meliputi : penyusunan , pelaksanaan program, pelaksanaan evaluasi, …