Fokus bahasan buku ini adalah masalah administrasi sekolah dan manajemen sekolah. Secara keseluruhan , substansi yang disajikan mencakup administrasi pendidikan dan administrasi sekolah , pendekatan fungsional dan substansi administrasi sekolah, serta penatalaksanaan sekolah.
Sistem dan praktik pendidikan yang bermutu meniscayakan pula sistem manajemen pendidikan, termasuk manajemen sekolah yang andal. Tidak ada sekolah yang baik, kecuali dikelola secara baik. Bahkn secara ekstrim dapat dikatakan, bahwa tidak ada yang buruk, yag ada adalah sekolah yang dikelola dengan kinerja dibawah standar.
Penelitian kuliatatif merupakan perilaku artistik. Pendekatan filosofi dan aplikasi metode dalam kerangka penelitian kualitatif dimaksudkan untuk memproduksi ilmu-ilmu "lunak", seperti sosiologi dan atrolopologi. Kepedulian utama peneliti kualitatif adalah bahawa keterbatasan objektivitas dan kontrol sangat esensial, berbeda dengan filosofi yang dianut oleh peneliti ilmu-ilmu "keras" ( har scieā¦
Metode penelitian kerap kali menjadi masalah dalam sebuah penelitian. Akibatnya, banyak penelitian yang secara metodologis belum dapat dipertanggungjawabkan. untuk menghindari hal itu, diperlukan sebuah referensi yang dapat mengatasi masalah tersebut, khususnya bagi mahasiswa dan peneliti pemula.
Buku ini berisi percikan kecilbeberapa aspek yang diduga kuat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar di sekolah dan mutu hasil belajar. Materi antara lain memuat tentang teknologi dan media pendidikan serta efek ikutannya, profesionalisasi guru, mutu proses belajar mengajar dan proses studi mahasiswa.