Kurikulum tidak hanya berisi serangkaian petunjuk teknis materi pembelajaran. Lebih dari itu, kurikulum merupakan sebuah program terencana dan menyeluruh, yang menggambarkan kualitas pendidikan suatu bangsa. Buku ini menguraikan semua hal yang berkaitan dengan kurikukulum, mulai dari landasan , konstruksi, perencanaan, implementasi serta pengembangannya.
Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok orang melalui upaya pengajaran dengan menitikberatkan pada pembentukan dan pengembangan kepribadian. Dalam upaya pengajaran, perumusan tujuan menjadi utama dan setiap proses pegajaran senantiasa diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Itulah sebabnya, proses pengajaran harus direncanakan dan sistem…
Kajian dalam bidang studi belajar mengajar merupakan bidang yang sangat penting dalam konteks pengajaran. Dalam buku ini diuraikan empat dimensi yang cukup mendasar tentang proses belajar mengajar, yaitu konsep pegajaran dan kurikulum, komponen-komponen pengajaran, implementasi pengajaran, dan strategi pengajaran yang berpusat pada siswa.
Buku ini memberikan petunjuk praktis tentang cara mengembangkan kurikulum dan menghubungkannya dalam pengajaran kelas. Guru atau calon guru akan mendapatkan pengetahuan praktis langkah-langkah untuk menerjemahkan pedoman instruksional dan selanjutnya membuat persiapan pengajaran.
Kurikulum esensinya adalah program. Kurikulum harus merefleksikan masalah-masalah pokok dan mendasar menyangkut perkembangan pendidikan nasional. Dalam konteks pendidikan nasional, kurikulum menjadi alat yang memudahkan pencapaian tujuan yang diharapkan. Beberapa aspek kurikulum; Bagaimana mengembangkan, bagaimana memantau, juga parameter keberhasilan kurikulum dibahas dalam buku ini.