Dalam kerangka inilah manajemen berbasis sekolah tampil sebagai paradigma baru pengembangan pendidikan yang berorientasi pada kebutuhan sekolah, kebutuhann masyarakat sekitarnya dengan tekanan pada peningkatan mutu terpadu/ total quality management. Untuk kepentingan tersebut, MBS merupakan kebijakan sangat strategis dalam implementasi pendidikan yang diprakarsai oleh setiap sekolah dan daerah,…
Buku ini memaparkan konsep manajemen strategis yang berperan menciptakan pendidikan berdaya saing, modal dan sikap yang diperlukan hingga konsep yang cocok dikembangkan.
Buku ini bermaksud merespon kekisruhan perubahan kurikulum dan menjembatani para guru dalam mengembangkan standar kompetensi dan kompetensi dasar (SKKD) pada setiap tingkat satuan pendidikan, sekaligus sangat bermanfaat bagi para pengambil kebijakan dalam bidang pendidikan.
Buku ini ditujukan pada guru. Misinya adalah membantu para guru menyangkut dua hal. pertama, keniscayaan dimilikinya kompetensi sebagai syarat utama untuk menyelenggaran pembelajaran. Kedua, keniscayaan dimilikinya sertifikat sebagai lisensi dan bukti bahwa guru yang bersangkutan mempunyai kemampuan yang dipersyaratkan. Artinya seseorang baru layak menjadikan guru sebagai profesinya bila ia tel…
Buku panduan ini akan membantu memahami dan mengimplementasikan kurikulum 2004, secara tepat waktu dan tepat sasaran. Buku ini berupaya memformulasikan suatu cara praktis dalam menimplementakan kurikulum 2004, sehingga dapat dijadikan panduan oleh para pelaksana dilapangan.
Buku ini akan membantu mengembangkan pemahaman semua pihak yang berkepentingan dengan KTSP. Buku ini juga dapat dijadikan sebagai bahan penataran bagi para guru dan kepala sekolah, bahan pelatihan bagi para instruktur dan direktur diklat, serta bahan prajabatan bagi para calon guru, calon instruktur, calon fasilitator, sehingga mereka benar-benar memahami seluk beluk KTSP dan siap mengembangk…
Dalam buku ini Penulis mencoba menganalisis dan menguraikan secara praktisbagaimana kurikulum berbasis kompetensi tersebut dikembangkan dan diterapkan di sekolah. Dalam pada itu,dikemukakan berbagai yang harus dipersiapkan oleh sekolah dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi, termasuk reformasi sekolah (Shool reform)
Melalui buku manajemen pendidikan karakter ini, saya berharap mampu membangkitkan inspirasi, kesadaran, pemahaman, kepedulian, dan komitmen para guru dan tenaga pendidikan khususnya; umumnya bagi bangsa Indonesia dalam menempuh kehidupanberbangsa dan bernegara.
Peningkatan kualitas pendidikan yang sedang dilakukan pemerintah sekarang ini tidak hanya fokus pada guru, tetapi juga kepada pengawas dan kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan sekaligus yang mendorong serta mengendalikan kinerja guru disekolah.