Buku ini difokuskan pada sejarah pendidikan Indonesia 1892-1920. dikarenakan periode ini merupakan periode yang paling menarik sepanjang sejarah perkembagan pendidikan. Pada masa inilah terbentuk suatu sistem pendidikan yang lengkap, yang memungkinkan anak Idonesia belajar dari tingkat rendah samapi tingkat yang paling tinggi, walaupun harus ditempuh dengan berbagai liku-liku problematik dan te…
Buku ini mencoba memberikan kejelasan tentang asas-asas yang mendasari penyusunan dan penyelesaian kurikulum pendidikan, yaitu antara lain asas filosofis dan asas psikologis. Selain itu juga tentang proses perubahan dan perbaikan kurikulum, dan bagaimana menentukan scope dan squence dalam pembinaan kurikulum.
Buku ini menyoroti suatu periode tertentu dalam sejarah Indonesia, yakni periode 1892 sampai 1920. menurut pendapat kami masa inilah yang paling menarik dalam sejarah perkembangan pendidikan Indonesia, oleh sebab dalam periode inilah kita lihat terbentuknya suatu sistem pendidikan yang lengkap di Indonesia yang memungkinkan anak Indonesia belajar dari tingkat sekolah yang paling rendah sampai m…
Menguasai asas-asas didaktik (pengajaran) belum menjamin seseorang menjadi guru yang baik. Keberhasilan mengajar juga dipengaruhi kemampuan dan pribadi guru sendiri, suasana kelas, hubungan antar manusia di sekolah, kurikulum dan sebagainya. Akan, tetapi seseorang tidak akan menjadi guru yang baik ketika mengabaikan asas-asas didaktik. Buku ini mengarahkan guru atau calon guru mendidik secara b…
Pendidikan disekoalh bukan hanya ditentukan oleh usaha murid secara individual atau berkat interaksi murid dan guru dalam proses belajat-mengajar, melainkan juga oleh interaksi murid dengan lingkungan sosialnya dalm berbagai situasi sosial yang dihadapinya didalm maupun diliar sekolah.
Teknologi pendidikan adalah pengembangan, penerapan dan penilaian sistem-sistem, teknik dan alat bantu untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar manusia.