Buku ini menguraikan berbagai hal disekitar penilaian hasil pembelajaran untuk belajar pelajaran bahasa, Namun tidak menutup Kemungkinan untuk dipakai untuk mata pelajaran yang lain.
Kegiatan apa saja yang perlu dan seharusnya dilakukan oleh guru ( dosen juga ) dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa diuraikan secara lengkap dalam buku ini. Berbagai kegiatan itu antara lain adalah pembuatan kisi - kisi , penyususnan butir-butir tes, termasuk pemilihan bentuk pertanyaannya, pengujian validitas, reabilitas, dan efektivitas butir soal dan pengolahan hasil pengukuran mula…
Kegiatan penilaian, khususnya penilaian hasil belajar siswa , merupakan bagian tak terpisahkan dari aktifitas pengajaran secara keseluruan, sebagai konsekuensinya , guru sebagai pelaksana pengajaran di kelas perlu memiliki kemampuan yang memadai tentang hal-hal yang berkaitan dengan penilaian , seperti kemampuan menyusun dan menguji alat tes serta menganalisis , mengelola , atau menafsirkan has…