Buku ini denagan mengedepankan positioning dengan mengedepankan komprehensivitas. Pengertian komprehensivitas dimaksudkan sebagai mencoba lebih lengkap dnegan melihat sejumlah aspek. dan buku ini sengaja memadukan perkembangan pendidikan, pembelajaran khususnya, secara historis, denghan kajian falsafah pendidikandan psikologi pendidikan.
Buku ini mengajarkan secara detail teori-teori belajar dan pembelajaran, mulai dari behaviorisme, kognitivisme, konstruksivisme, hingga humanisme. untuk selanjutnya teori-teori tersebut dapat digunakan sebagai kerang kadalam melaksanakan proses belajar mengajar bukan hanya menarik, tapi juga memberikan ruang bagi murid untuk berkreativitas dan terlibat secara aktif sepanjang proses pembelajaranā¦
Belajar merupakan hal yang kompleks. Kompleksitas belajar tersebut dapat dipandang dari dua subyek, siswa dan guru. Dari siswa, belajar dialami sebagai suatu proses, yakni proses mental dalam menghadapi bahan belajar yang berupa keadaan, hewan, tumbuhan, manusia, dan bahan yang telah terhimpun dalam buku pelajaran.
Buku ini disusun sebagai acuan bagi para mahasiswa, guru, dosen, serta para widiaiswara yang ingin memperdalam tentang berbagai teori belajar dan penerapannya dalam kegiatan pembelajaran.
Buku ini pada awalnya dipersiapkan bagi program pasca sarjana magister pendidikan. Walau demilian, dengan melakukan seleksi materi pembelajaran tertentu buku ini dapat digunakan untuk program sarjana, bahkan sebagai pengantar kuliah teori belajar dan pembelajaran.
Sepengetahuan penulis, persediaan buku - buku di perpustakaan masih terlalu sedikit, khususnya buku - buku yang membahas tentang Belajar dan Pembelajaran. Atas dasar ini, penulis terdorong untuk harapan akan memperluas wawasan mahasiswa dalam memperdalam mata kuliah tersebut. Buku ini meruapakan penyempurna dari beberapa mata kuliah keguruan , yakni Pengantar Ilmu Pendidikan , Perkembangan Peā¦