Buku ini disamping membicarakan persoalan-persoalan yang bersifat praktis operasional untuk memfasilitasi para kepala sekolah/madrasah, guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam pengembangan KTSP, juga mengemukakan landasan-landasan konseptual dan teoritik dalam pengembangan kurikulum tersebut, sehingga apa yang dilakukan bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah, teknologi dan etis.
Pada dasarnya tujuan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah bagaimana membuat siswa dan guru lebih aktif dalam pembelajaran. Selain murid harus aktif dalam kegiatan belajar dan mengajar, guru juga harus aktif dalam memancing kreativitas anak didiknya sehingga dialog dua arah terjadi dengan dinamis.
Buku ini akan membantu mengembangkan pemahaman semua pihak yang berkepentingan dengan KTSP. Buku ini juga dapat dijadikan sebagai bahan penataran bagi para guru dan kepala sekolah, bahan pelatihan bagi para instruktur dan direktur diklat, serta bahan prajabatan bagi para calon guru, calon instruktur, calon fasilitator, sehingga mereka benar-benar memahami seluk beluk KTSP dan siap mengembangk…