BMP IPEM4429 MANAJEMEN PELAYANAN UMUM ini membahas tentang pelayanan umumdan perubahan lingkungan dan kode etik pelayanan; ruang lingkup dan prinsip-prinsip pelayanan umum yang berdaya guna dan berhasil guna serta kinerja pelayanan publik; pelayanan umum; hak dasar pemerataan dan keadilan sosial serta pentingnya kepuasan pelanggan; aktivitas manajemen pelayanan umum; pembinaan sumber daya manus…
Buku ini ditulis terutama untuk kepentingan para mahasiswa dan akademisi yang memiliki perhatian terhadap upaya perbaikan kualitas pelayanan dari sudut ilmu manajemen. Akan tetapi dalam buku ini juga dirumuskan langkah-langkah praktis dan contoh-contoh kongkret, sehingga para praktisi pun dapat menggunakan ini sebagai acuan dalam rangka penyelenggaraan pelayanan.
Buku ini terdiri dari sembilan BAB , BAB pertama " pendahuluan " yang berisi tentang beberapa pengertian ilmu administrasi dan administrasi publik serta ruang lingkup administrasi publik. penulis sadari bahawa dalam proses penyusunan dan penulisannya, buku ini pasti terdapat kekurangan atau kekeliruannya yang luput dari perhatian penulis. Oleh karena itu emua kritik dan saran yang bersifat memb…
Buku ini mengupas secara komprehensif tentang bagaimana menciptakan pelayanan publik baik dan berkualitas yang berorientasi pada ,masyarakat . pelayanan yang baik akan berimplikasi terhadap kepuasan masyarakat, sehingga partisipasi aktif dan kerja sama yang baik anatara masyarakat dengan pemerintah dapat terjalin dengan baik. Jika konektivitas dan partisipatif sudah terbangun secara sistematis,…
Seiring dengan besarnya tuntunan akan penerapan good govermance tuntunan akan pelayanan publik yang berkualitas juga menjadi semkain besar. Pemerintah merespon tuntunan ini dengan menetapkan tahun 2004 sebagai tahun peningkatan pelayanan publik. Pemerintah juga telah mengeluarkan, berbagai kebijakan dalam rangka peningkatan pelayanan, seperti misalnya pelayanan prima, dan standar pelayanan mini…