Metod penelitian kualitatif mempunyai fungsi yang lebih banyak bila dibandingkan dengan metode kuantitatif.
Metode penelitian kuantitatif didasarkan pada filsafat positivisme, yang berpandangan bahwa, gejala yang diteliti adalah gejala yang dapat diamati; dapat diukur; gejala dapat diklasifikasikan kedalam variabel-variabel penelitian; hubungan antar gejala bersifat kausal/sebab-akibat, hasil penelitian lebih obyektif dan bebas nilai karena peneliti menjaga jarak dengan yang diteliti.
Studi kasus adalah penelitian yang berangkat dari dugaan adanya kasus tertentu.
Penelitian tindakan kelas sendiri mempunyai pengertian, mencermati kegiatan belajar dengan sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi disebuah kelas secara bersama. Tujuan penelitian tindakan kelas sendiri yaitu membatu pendidik mengatasi masalah pembelajaran di kelas, meningkatkan sifat profesional pendidik, meningkatkan mutu isi, proses, dan hasil pembelajaran di sekolah serta menu…
Tujuan penelitian bahasa adalah menemukan kebenaran ilmiah melalui upaya yang sistematis untuk menjelaskan, memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah-masalah, sehingga peneliti semakin memahami berbagai kebenaran dalam dunia pendidikan dann pengajaran bahasa, khususnya bahasa Indonesia.
Buku ini memberikan dasar-dasar teori dan praktik untuk meningkatkan kemampuan meneliti di bidang pendidikan, kurikulum dan pembelajaran.
Penelitian Kualitatif adalh metode baru, sedangkan penelitiabn kuantitatif disebut metode tradisonal karena sudah cukup lama digunakan sehingga sudah menjadi tradisi.
Pekerjaan bisnis merupakan pekerjaan yang mengandung resiko cukup tinggi, oleh karena itu, dalam pengambilan keputusannya diperlukan informasi yang tepat, akurat, lengkap, dan up to date. Informasi yang demikian hanya dapat diperoleh melalui penelitian yang seksama.
Kebutuhan akan pendidikan yang semakin membaik, yang mampu meningkatkan kualitas bangsa, mengembangan karakter, memberikan keunggulan dan kemampuan berkreasi, semakin dirasakan urgensinya.