Penelitian tindakan kelas sendiri mempunyai pengertian, mencermati kegiatan belajar dengan sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi disebuah kelas secara bersama. Tujuan penelitian tindakan kelas sendiri yaitu membatu pendidik mengatasi masalah pembelajaran di kelas, meningkatkan sifat profesional pendidik, meningkatkan mutu isi, proses, dan hasil pembelajaran di sekolah serta menu…
Buku penelitian tindakan kelas ini disusun sebagai upaya membantu para rekan guru yang akan melakukan PTK dan melaporkan hasilnya kepada pihak yang berwenang. buku ini mencakup antara lain pengembangan profesi guru, hakikat PTK, pelaksanaan PTK, penilaian dan pelaporan PTK.
Dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas, kekurangan atau kelemahan yang terjadi dalm proses belajar mengajar dapat teridentifikasi dan terdeteksi, untuk selanjutnya dapat dicari solusi yang tepat.
Buku ini sengaja diperuntukan untuk para guru sebagai bahan dan pedoman dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas.
Buku ini senantiasa menjelaskan tentang penelitian tindakan kelas (PTK) untuk guru SD, SLB, TK yang ingin melaksanakan tindakan kelas (PTK), melaporkan hasilnya, dan mengusulkan hasil PTK terswbut untuk kenaikan pangkat dari pengembangan profesi guru dan pengawas sekolah.
Buku ini membahas secara komprehensif dan detail seputar penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan bagian dari penelitian tindakan (action research), bertujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas, menjawab pertanyaan apa, mengapa, dan bagaimana kegiatan PTK dapat dilakukan oleh guru atau tenaga pendidik yang lain.
Buku ini disajikan sebagai panduan mereka yang ingin melaksanakan penelitian tindakan sekolah, melaporkan dan mengumpulkan hasilnya untuk kenaikan pangkat dari pengembangan profesi.
Penelitian Tindakan Kelas telah menjadi top hits dalam kurun waktu lebih dari satu dasawarsa, PTK ini dilakukan karena didalam pelaksanaannya seorang penleiti telah menyusun sebuah rencana dengan menggunakan asas SMART.
Buku ini secara umum terbagi kedalam tiga bagian utama. Bagian 1 terdiri dari bab 1 dan bab 2 yang merupakan pengenalan umum terhadap PTK. Bagian 2, yang mencakup bab 3 sampai bab 9. Pada bagian ketiga meliputi bab 10 sampai 12 dapat dianggap sebagai penutup dari keseluruhan proses itu.
Penelitian tindakan kelas adalah pencermatan yang dilakukan oleh guru didalam kelasnya melalui refleksi diri,dengan tujuan memperbaiki profesinyasebagai guru, sehingga hasil belajar peserta didik terus meningkat. Dengan PTK, kesalahan praktik pembelajaran diharapkan bisa diketahui sehingga dapat segera diperbaiki.