Dengan penekanan pada aspek metodologis, yakni analisis semantik atas hubungan personal antara Tuhan dan manusia, YOshihiko Izutsu memaparkan segitiga relasi Tuhan dan manusia dalam Al-Qur'an relasi ontologis , realasi komukatif, dan relasi etis. Di samping itu, ia jua melakukan anaslisis tentang makna dasar dan makna realasional yang berkaitan dengan segitiga relasi Tuhan dan manusia tersebut.
Usaha ke arah pemahaman linguistik di indonesia dilakukan bahan bacaan berbahasa indonesia dan asing (antara lain inggris). Melalui bahan bacaan tersebut buku ini disusun, dan diperkaya dengan pemahaman melalui penerapan data kebahasaan. Buku ini disusun untuk melengkapi sarana dalam mempelajari semantik. Sarana yang berupa buku sangat diperlukan dalam mempelajari mengembangkan ilmu sendiri. Ha…
Perkembangan ilmu ditandai dengan banyaknya bahan bacaan mengenai ilmu tersebut, ilmu makna (Sematik) sebagai ilmu baru yang berkembang pda tahun 1970an didunia linguistik dan semantik di Indonesia baru berkembang pada tahun 1980-an. Kemampuan mengolah dan memahami pemerian kebahasaan ada pada aspek makna di dalam linguistik.
Salah satu ciri ilmu pengetahuan yakni berkembang. Kadang-kadang teori dan pendapat akan ditinggalkan karena sudah ada teori atau pendapat baru yang lebih kuay dan menyakinkan. Hal seperti itu berlaku pula dalam disiplin ilmu yang disebut semantiuk. Pada edisi kedua ini penulis telah memperluasnya dan menyempurnakan rumusan yang kurang tepat. Banyak hal yang telah penulis tambahkan seperti yang…
Sematik sebagai ilmu mempelajari kemaknaan di dalam bahasa sebagaimana apa adanya dan terbatas pada pengalaman manusia. Jadi secara ontologis, semantik membatasi masalah yang dikajinya hanya pada persoalan yang terdapat di dalam ruang lingkup jangkauan pengalaman manusia. Kasus tersebut memperlihatkan adanya beban yang terdapat dalam kata merupakan persoalan yang menarik dalam kehidupan sehari-…
Sebagai salah satu komponen bahasa, semantik pernah kurang diperhatikan orang karena objek studinya yaitu makna, dianggap sangat sukar ditelusuri dan dianalisis strukturnya. Makna sangat bersifat arbitner, berbeda dengan morfem atau kata, sebagai sasaran dalam studi morfologi, yang strukturnya tampak jelas dan dapat disegmen - segmenkan
Semantik sebagai salah satu komponen bahsa semakindiperhatikan orang karena objek studinya yaitu makna dianggap sangat sukat ditelusuri dan dianalisis sturkturnya. Maknsa sangat bersifaty arbitner, berbeda dengan morfem atau kata, sebagai sasaran dalam studi morfologi yang sturukturnya tampak jelas dan dapat disegmen-segmenkan. Namun dewasa ini, keadaan ini sudah berbalik .
Taak perlu disangkal lagi bahwa tujuan akhir pengajaran bahasa ialah agar para siswa terampil berbahasa : terampil menyimak, terampil berbicara, terampil membaca, dan terampil menulis. Dan satu hal yang pasti ialah bahwa keterampilan berbahasa menuntut kosakata yang cukup. Kekayaan kosakata seseorang turu menentukan kualitas keterampilan berbahasa orang tersebut. Seseorang dikatakan mempunyai k…
buku ini dimaksudkan untuk memnuhi sebagian kecil sarana pengajaran bahasa umumnya, pengajaran semantik khusunya yang secara jujur harus kita akui masih langka di tanah air kita ini. Buku ini terutama ditujukan kepada para mahasiswa, para guru bahasa dan para peminat pengajaran bahsa. SDeandainya buku ini ada manfaatnya bagi mereka maka tujuan penulis telah tercapai.