Buku ini menguraikan ketentuan warisan menurut para mujtahid dalam Islam serta menghubungkannya dengan kompilasi hukum Islam sebagai hasil ijtihad ulama di Indonesia. Disajikan dengan bahasa Indonesia yang praktis,dilengkapi dengan contoh pemecahan dan mudah dipahami oleh para mahasiswa,ilmuan,masyarakat umum dan praktisi hukum.
UUD'45 pernah diselewengkan dan mencapai puncaknya pada peristiwa G30S/PKI. Hikmah dari peristiwa G30S/PKI ini aialah kesadaran bangsa indonesia pada umumnya dan ABRI pada khususnya untuk melaksanakan UUD'45 secara murni dan konsekuen.
Buku ini difokuskan pada sejarah pendidikan Indonesia 1892-1920. dikarenakan periode ini merupakan periode yang paling menarik sepanjang sejarah perkembagan pendidikan. Pada masa inilah terbentuk suatu sistem pendidikan yang lengkap, yang memungkinkan anak Idonesia belajar dari tingkat rendah samapi tingkat yang paling tinggi, walaupun harus ditempuh dengan berbagai liku-liku problematik dan te…
Atas dasar permintaan yang sampai kepada direksi yayasan penerbit UI supaya bersama dengan buku Teologi Islam buku ini juga dicetak kembali
Dalam masyarakat indonesia selain kata agama, dikenal pula akta din dari bahasa arab dan kata religi dari bahasa eropa. Agama berasal dari kata sanskrit. Satu pendapat mengatakan bahwa kata itu tersusun dari dua kata, a = tidak dan gam = pergi, jadi tidak pergi, tetap ditempat, diwarisi turun temurun. Agama memang mempunyai sifat yang demikian.
Dalam buku ini dicoba menjelaskan pengertian akal dan wahyu dalam islam kedudukan akal dalam Al Qur'an dan Hadist, perkembangan ilmu pengetahuan dalam islam dan peranan akal dalam pemikiran keagamaan islam, akal dan wahyu dalam islam ditulis terutama untuk keperluan perguruan tinggi, tetapi pada waktu itu mungkin berguna juga bagi pembaca di luar.
Buku ini mencoba memberikan kejelasan tentang asas-asas yang mendasari penyusunan dan penyelesaian kurikulum pendidikan, yaitu antara lain asas filosofis dan asas psikologis. Selain itu juga tentang proses perubahan dan perbaikan kurikulum, dan bagaimana menentukan scope dan squence dalam pembinaan kurikulum.