pendidkan hanya dapat dipahami bila kita mengetahui siapa mengajar siapa, di masyarakat apa, bila mana dan di mana, serta untuk posisi sosial apa anak didik itu dididik.
Buku-buku yang secara khusus mengkaji tentang pendidikan Luar Sekolah masih relatif sedikit jumlahnya,khususnya buku yang berbahasa Indonesia. Kalau toh ada,biasanya diterbitkan untuk kepentingan terbatas. Itulah salah satu alasan disusun buku ini.
Buku ini merupakan hasil saduran dari lima buah buku utama. dari masing-masing buku utama dimaksud, secara selektif dipilih beberapa bab yang cakupan isinya dinilai memadai, dimana satu sama lain bisa saling melengkapi sehingga dapat menyajikan suatu keutuhan mengenai sosiologi pendidikan.
Buku ini menyajikan penjelasan yang komprehensif mengenai penelitian teramsuk di dalamnya format-format penelitian, tahap-tahap penelitian, sumber dan perumusan masalah penelitian, metode, sumber, alat pengumpulan data beserta pengolahan dan analisanya sampai ke tahun penyusunan laporan penelitian.