Pada hakikatnya inti persoalan psikologi pendidikan terletak pada anak didik sebab pendidikan adalah perlakuan terhadap anak didik yang secara psikologis Dengan perlakuan tersebut harus selaras dengan keadaan anak didik. dengan demikian permasalahan psikologis yang berperan dalam proses pendidikan anak dapat terjawab apabila pendidik dapat memberikan bantuan kepada anak didik agar berkembang se…
Pada hakikatnya pendidikan berlangsung sepanjang hidup manusia. Oleh karena itu persoalan psikologis yang bersangkutan dengan pendidikan sangat luas sekali. Buku ini, dengan pendekatan operasional, mencakup serta merangkum hampir semua persoalan psikologis dalam proses pendidikan.
Psikologi dimaksud untuk memahami manusia sesama, dalam hal ini psikologi kepribadian menepati posisi sentral.
Buku Psikologi Pendidikan Edisi V ini isinya masih sama dengan yang Edisi IV. Niat yang telah dikemukakan pada Edisi IV, yaitu merevisi buku ini serta menyiapkan Bab IX sampai Bab XII hingga kini belum dapat diwujudkan, karena keterlibatan penulis dalam berbagai kegiatan selama dua puluh tahun terakhir ini boleh dikata menyita seluruh waktu penulis.
Psikologi kepribadian sebenarnya bukanlah hal yang baru dalam dunia ilmu pengetahuan. kehadirannya sudah lama diusahakan oleh para ahli. sebagai cabang psikologi yang bertujuan untuk memahami sesama manusia, psikologi kepribadian menduduki tempat yang sentral.
Untuk membantu para tenaga pengajar memahami metodologi penelitian, di dalam buku ini disajikan berbagai hal yang berhubungan dengan seluk-beluk penelitian. hal-hal yang dibahas antara lain proses penelitian, berbagai metode dan macam penelitian, rancangan-rancangan eksperimental, dan peranan statistika. selain itu, buku ini juga menyajikan pengembangan instrumen pengumpul data dan peranan komp…