Kajian dalam buku ini berpijak pada definisi pembelajaran sebagai upaya membejalarkan siswa, dan proses belajar sebagai pengaitan pengetahuan baru pada struktur kognitif yang sudah dimiliki siswa. Pengaitan-pengaitan ini akan membentuk struktur kognitif baru yang lebih mantap, yang dapat dipandang sebagai hasil pembelajaran.
Kajian dalam tulisan ini berpijak pada definisi pembelajaran sebagai upaya membelajarkan siswa, dan proses belajar sebagai pengaitan pengetahuan baru pada struktur kognitif yang sudah dimiliki siswa. Pengaitan-pengaitan ini akan membentuk struktur kognitif baru yang lebih mantap, yang apat dipandang sebagai hasil belajar.
Buku ini memaparkan semua hal mengenai motivasi. dimulai dengan pengertian motivasi, teori-teori motivasi dari para ahli ternama, hingga pembahasan yang terfokus pada motivasi belajar, motivasi kerja, dan motivasi prestasi.selain disajikan dalam bahasa sederhana, buku ini juga memberikan contoh penelitian tentang motivasi di bidang pendidikan dan pengukurannya dengan menggunakan teknologi yang …
Pakar teknologi komunikasi mengatakan dunia seolah nyaris tanpa jarak
Buku tentang megelola kecerdasan dalam pembelajaran ini lahir dari sebuah kritik pakar teknologi pendidikan yang memandang bahwa seharusnya pembelajaran tidak saja didesain dari keberagaman karakteristik siswa secara dangkal, tetapi lebih dari itu, yakni hendaknya digagas dan dikelola dengan sedapat mungkin memerhatikan faktor kecerdasan.
Strategi pembelajaran PAILKEM merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Dimaksudkan dengan strategi karena bidang garapannya tertuju pada bagaimana cara pengorganisasi materi pembelajaran, menyampaikan atau menggunakan metode pembelajaran dan mengelola pembelajaran sebagaimana yang dikehendaki oleh ilmuwan pembelajaran selama ini.
Buku ini merupakan buku yang mengkaji secara ilmiah tentang perencanaan pembelajaran yang tinjauannya didasarkan pada teori-teori instruksional yang banyak dikembangkan di negara-negara peletak dasar instruksional, yakni Amerika Serikat. Buku ini diawali dengan pemeparan teoritis tentang pembelajaran kemudian membicarakan tentang kondisi pembelajaran, strategi pembelajaran, dan hasil pembelajaran.
Buku ini dibuat sebagai upaya menyumbangkan pemikiran mengenai tujuan pendidikan Indonesia, walaupun dalam bentuk yang sangat sederhana. Dan pada bagian awal buku ini dikemukakan rambu-rambu yang harus dikedepankan dalam membangun anak bangsa.
Buku ini memuat sejarah perkembangan teknologi, teknologi pendidikan sebagai kostruk teori, perkembangan teknologi dalam pendidikan, perkembangan teknologi informasi,perkembangan industri teknologi komunikasi pembelajaran, dan lain sebagainya.