Masalah pelayanan publik tidak pernah sepi dari percaturan berbagai kalangan, karena secara de facto pelayanan publik yng dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik masih jauh dari memuaskan. Aspek-aspek pokok pelayanan yang sering dikeluhkan adalah pelayanan yang berbelit-belit, menyita waktu lama, tidak responsif, minim empati, nepotis, dan kurang handal.
Pelayanan publik dimaknai sebagai segala usaha yang dilakukan oleh orang atau badan di dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal itu dapat dilakukan oleh pihak swasta , tetapi ysng berperan paling penting di dalam memenuhi kebutuhan rakyat adalah negara melalui aparatur negara. Namun ketika pelayanan publik memberi peluang memperoleh keuntungan, praktik pelayanan publik oleh aparatur negara yang…
New Public Service sebagai paradigma terbaru dari administrasi publik meletakaan pelayanan publik sebagai kegiatan utama para administrator negara / daerah. Salah satu intisari dari prionsip NPS adalah bagaimana administrator publik mengartikulasikan dan membagi kepentingan warga negara melalui pelayanan publik. kemampuan meningkatkan kualitas pelayanan publik , bagi kepala negara / daerah akan…
Buku ini mengupas secara komprehensif tentang bagaimana menciptakan pelayanan publik baik dan berkualitas yang berorientasi pada ,masyarakat . pelayanan yang baik akan berimplikasi terhadap kepuasan masyarakat, sehingga partisipasi aktif dan kerja sama yang baik anatara masyarakat dengan pemerintah dapat terjalin dengan baik. Jika konektivitas dan partisipatif sudah terbangun secara sistematis,…
Pelayanan Publik menjadi peran dan fungsi utama dari birokrasi pemerintah, selain fungsi pengaturan , pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan. Oleh karena itu, tentunya dalam praktik penyelenggaraan layanan publik harus dikelola secara baik dan benar agar dapat memberikan suatu pelayanan publik yang berkualitas bagi masyarakat.
REFORMASI PELAYANAN PUBLIK.Buku ini menguraikan dan menguras dengan detail, cerdas, dan berwawasan keilmuan yang tinggi serta gaya bahasa yang menarik mengenai pelayanan publik baik secara teori, kebijakan yang dihasilkan maupun implementasinya dari birokrat dari dulu sampai sekarang.